Semangat Belajar! - My Life My Journey

What's New?

Sabtu, 14 Maret 2015

Semangat Belajar!

Heeeii, bentar lagi udah mau UTS, nih. khususnya bwt yg ngepost >.<
Huft..., padahal lagi males-malesnya belajar, nih -_- hm, biar aku dan para pembaca yang baik ini bisa semangat belajar, aku mau kasi tips-tips, nih.
1. Dengerin lagu sambil belajar
nah, setelah ngubek-ngubek google sekilas, ada beberapa blog yang pro sama tips ini, dan ada juga beberapa yang kontra. jadi, kesimpulannya gimana? menurutku, ini tergantung sama kalian aja sih. kalo kalian nyaman dengerin lagu sambil belajar, silahkan. aku sih, gitu. tapi, beberapa orang, kalo belajar sambil dengerin musik, malah kehadiran musik itu terkesan mengganggu. jadi, lebih baik jangan deh. kalo itu mengganggu.
bahas dikit, ya-- tentang faktanya ^^
Para ilmuwan mengklaim mendengarkan lagu-lagu pop tertentu dapat membuat Anda lebih cerdas. Para ilmuwan Inggris mengatakan belajar sambil mendengarkan lagu-lagu dari Miley Cyrus atau Justin Timberlake memberi efek menenangkan pikiran yang membantu berpikir logis.

Dr Emma Gray, yang mengkhususkan diri dalam terapi perilaku kognitif di The British CBT and Counselling Service di London, menjelaskan otak kiri memproses informasi faktual dan memecahkan masalah, yang merupakan keterampilan penting dalam Ilmu Humaniora dan Bahasa. Dan, penelitian menemukan lagu seperti 'We Can't Stop' yang disenandungkan Miley Cyrus atau 'Mirrors' milik Justin Timberlake memupuk pikiran logis dan membantu siswa belajar dan mengingat fakta-fakta baru.

“Musik memiliki efek positif pada pikiran dan mendengarkan jenis musik yang tepat sebenarnya dapat meningkatkan proses berpikir dan belajar,” kata Dr Gray, Daily Mail melaporkan, Selasa (10/9). “Musik dapat menempatkan Anda dalam kerangka berpikir yang lebih baik untuk belajar--dan memang, siswa yang mendengarkan musik sebenarnya bisa mendapatkan hasil yang lebih baik daripada mereka yang tidak.”
(dikutip dari: http://isnakurniawati.blogspot.com/2013/09/belajar-sambil-mendengar-lagu-lagu-pop.html)
kayak gitu. tapi bukan berarti, karena fakta ini, aku menekankan sama kalian kalo dengerin lagu itu lebih baik. karena ini juga masih dipertanyakan. aku juga masih mikir. kenapa harus lagu Miley Cyrus atau Justin Timberlake? kenapa yang lainnya gak bisa? agak aneh, sih.

2. Buat hukuman untuk diri sendiri
kalian masih merasa malas untuk belajar? tidak ada semangat? coba tegas sama diri sendiri. dengan cara buat hukuman untuk diri sendiri. contoh: target kalian nanti pas UTS, gak ada remidi atau nilai jeblok sama sekali. nah, kalo misalkan nanti kalian ada remidi, kalian buat hukuman. dan hukumannya harus berat. biar kalian makin semangat belajarnya dan juga biar takut kena remidi.
contoh hukuman:
gak internet sama sekali selama tiga hari
gak nyentuh hp sama sekali selama tiga hari
GAK NYENTUH LAPTOP SELAMA TIGA HARI. (jangka waktunya bisa lebih lama dari itu. tergantung kesadaran kalian sendiri)
sumpah, parah banget itu hukuman! yang terakhir terutama. atau mungkin kalian punya ide hukuman lebih lebih lebih parah lagi? silahkan :v
oke, mulai sekarang, buat hukuman buat diri sendiri. kalo misalkan kalian nanti remidi, selamat menikmati hukuman yang telah dibuat ^^
tau caranya biar gak kena hukuman? ya, belajar.
3. Jangan belajar seharian penuh
maksudnya disini, belajar tanpa sempet istirahat. saking ambisinya buat dapet nilai tinggi, sampe-sampe lupa makan, lupa waktu istirahat, dll. inget, sesuatu yang berlebihan itu tidak sehat (Patrick Star). jadi, tetep inget makan, ya. jgn kayak yg ngepost yang pernah sakit gara-gara nulis terus, siang ampe malem dan lupa segalanya. bahkan sempet, pas itu aku gak nyadar ternyata udah malem, dan aku belum makan dari siang.
bukannya dapet nilai tinggi, eh nantinya malah sakit. kadang juga, bisa lupa sama apa yang dipelajarin kemarinnya. aku sempet ngalamin. tapi, kalo belajar serajin-rajinnya sih, sah-sah aja. malah bagus banget :3 asal tetep merhatiin kesehatan aja sih.

 4. Jangan lupa waktu
Nah, kan misalnya kalian lagi istirahat nih. tadi udah belajar. misalkan kalian belajarnya dari jam 1-2 siang. trus dari jam 2 itu sampe jam 3 istirahat. trus dari jam 3 sampe jam sekian belajar lagi. nah, sekarang, jangan lupa waktu buat belajar pas istirahat.
waktu lagi istirahat, kalian bisa ngapain aja. itu terserah. tapi, nantinya tetep inget belajar, ya ;D


5. cari kata-kata bijak
ini buat motivasi buat diri sendiri. biasanya aku kayak gitu. searching quotes dari tokoh-tokoh terkenal, atau ngambil buku bapak karena saking sukanya sama kata-kata mutiara. anaknya juga XD hehe...
atau mungkin dari orang lain. dorong diri kalian buat terus maju dan motivasi terus. biar semangat bisa tumbuh dalam diri kalian!!

yooo.... cuma itu aja yang bisa aku kasi. sorry ya, agak absurd. soalnya itu menurut pemikiranku sendiri. kalo punya tips yang lebih bagus lagi, jangan ragu-ragu buat sharing ;D

GANBATTE!!


-
*sorry, gambarnya rada gak nyambung :v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages