Gimana Rasanya Sekolah di US? - My Life My Journey

What's New?

Sabtu, 29 September 2018

Gimana Rasanya Sekolah di US?


I know, it's been awhile ...
Akhirnya sekolah dimulai sejak awal september lalu. Spoiler alert! Sama halnya seperti di Indonesia, di sini juga ada yang namanya PR a.k.a homework. Dan karena itulah, aku nggak bisa nge-blog selancar beberapa minggu sebelumnya.

But, hey, let's start talking about the school. Jadi, di US, aku sekolah di Washougal High School, yang lokasinya di Washougal, Washington. Make sense, huh?



Tiap pagi, aku jalan ke bus stop sekitar 3 menit-an, dan sampai di sekolah sekitar 8 menit-an.

Bus datang!
Waktunya naik school bus

Dari penjelasan sebelumnya, kalian bisa nebak dong jarak rumahku dan sekolah itu lumayan deket. Tapi walaupun deket, rumahku banyak jalan naiknya, yang kalau jalan bikin capek dan perlu waktu 15 menit. Dan karena sekarang aku juga lagi sibuk-sibuknya dengan kegiatan afterschool, jadi pulang sekolah harus jalan dari sekolah ke rumah. That's fine, karena kalau dipikir-pikir, aku perlu olahraga juga di sini.

Why?

1. Aku nggak ngambil kelas olahraga
2. Biar sehat dong.

Okay, cukup intro-nya. Mari kita mulai pembahasan tentang sekolah di US.

1. Sistem Pembelajaran

Suasana salah satu kelas. Btw ini english class.

Pada intro, aku sempet bilang kalau aku nggak ngambil kelas olahraga sama sekali. Kenapa? Simpelnya, karena gak harus. Di sini kita cuma dikasi 6 kelas yang bisa diambil. Dan itu semua, kita yang milih mau ngambil kelas apa. Tiap hari, kita cuma punya 6 kelas dengan urutan jadwal yang sama. Jadi misalnya, aku punya kelas geometri di periode atau jam kelima. Besok dan seterusnya, aku akan belajar geometri di periode kelima juga. Ya, basically, kita belajar subject yang kita ambil setiap hari. Jadi kalau hari ini dapet pr, biasanya tuh pr dikumpul besoknya.

But, guess what?

Sejauh ini, aku enjoy belajar di sini. At least math-nya gak sesusah di Indo. I'm serious. Sekarang aku kinda like studying it. Tapi bakal lain ceritanya kalau kita ngambil kelas AP. Nah, jadi ada 2 jenis kelas yang bisa kita ambil. Kalau misalnya kamu ngerasa ahli dalam matematika, biologi, dll, ambil kelas AP, karena itu kelas bakal bantu kamu lebih mendalami bidangmu. Aku sendiri nggak ngambil kelas AP. Misalnya untuk math yang bukan AP, kita diajar sesuatu yang umum.

Oh ya. Sistem moving class.

Kita nggak stay di satu kelas yang sama. Jadi kalau periode atau jam pertama selesai, kita pergi ke kelas lainnya. Waktu dari kelas satu ke kelas lainnya itu 5 menit. Dan ya, American no ngaret.

2. Events


Football game



First day of school

Salah satu hal yang bener-bener aku suka di sini adalah, hari sabtu libur. Nggak perlu nerapin sistem full day school dulu baru bisa dapet libur di hari sabtu. Both Saturday and Sunday are holidays! And I think that's why there's 'TGIF'. 

Dan hampir setiap hari jumat, diadain football game dengan para cheerleadersnya. To be honest, aku nggak ngerti cara mainnya football game. So, i can't tell you much about that.

Okay, itu aja dulu ya. There will be next part yang akan bahas tentang school. This one is such a short post. But soon hopefully will be more. See you!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages